Sabalad Peringati Hari Pahlawan Nasional

Usep Ependi Pembina Komunitas Belajar Sablad Menyampaikan Prakata Pembuka Acara

Usep Ependi Pembina Komunitas Belajar Sablad Menyampaikan Prakata Pembuka Acara

Komunitas Belajar Sabalad (9/11) Sesuai dengan yang telah di agenda kan sebelumnya hari ini minggu 9 Nopember 2014 Komunitas Belajar Sabalad menggelar acara Peringatan Hari Pahlawan dengan tema “Minggu Santai Bareng Veteran” Diskusi Kepahlawanan dan Bedah Karya Aleh Sumarno.

Acara dimulai pukul 09:00 WIB bertempat di halaman SMK Bhakti Karya Parigi dan di buka oleh Usep Ependi selaku Pembina Komunitas Belajar Sabalad.

Peserta acara yang hadir terdiri dari Para Pelajar sekitar Kabupaten Pangandran, anggota komunitas, tokoh masyarakat, perwakilan steak holder Kabupaten Pangandaran dan tentunya Pa Aleh selaku narasumber yang merupakan salah satu Anggota Veteran yang masih hidup sampai sekarang.

Acara ini sendiri merupakan salah satu dari sekian acara yang telah di selenggarakan Komunitas Belajar Sabalad, dalam acara ini ada beberapa rangkaian acara yaitu diskusi kepahlawanan, pemutaran film dokumenter, dan bedah karya milik  Aleh Sumarno. Aleh Sumarno sendiri merupakan Angota Legiun Veteran yang lahir di Tegal dan besar di daerah Kedungwuluh Pangandaran pada masa perjuangan beliau  bergabung dengan Divisi Siliwangi.

Hingga sekarang Aleh Sumarno yang umurnya hampir menginjak satu abad tepatnya 90 tahun, namun dimasa pensiun nya beliau masih tetap produktif membuat berbagai macam karya. Seperti 30 buah judul buku yang sudah sejak lama beliau buat, salah satunya mengenai penjabaran Pancasila. Pada sesi pertama yaitu diskusi kepahlawanan peserta di ajak untuk mengenang perjuangan para pahlawan terdahulu dan relevansinya pada zaman sekarang ini.

IMG_0024

Dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu pemutaran film dokumenter, film dokumenter yang diputar sendiri merupakan karya dari Pilem Plus Production yang juga merupakan bagian dari komunitas belajar Sabalad.  Film dokumenter yang diputar bercerita mengenai keseharian Aleh Sumarno dalam mengisi masa pensiunnya.

 

Aleh Sumarno sedang memaparkan hasil karyanya

Aleh Sumarno sedang memaparkan hasil karyanya

Pada Sesi ketiga dilanjutkan dengan bedah karya, pada sesi ini  Aleh Sumarno diberikan kesempatan untuk menjelaskan satu persatu dari hasil karya nya. Dan para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai berbagai hal hal Karya Pa Aleh. Peserta sangat antusias dalam sesi bedah karya ini, terbukti dari animo peserta dalam memberikan pertanyaan. Acara ditutup dengan pemberian cendramata oleh Pembina Komunitas Belajar Sabalad Usep Ependi.

Aleh Sumarno menerima cenderamata dari Pembina Komunitas Belajar Sabalad Usep Ependi

Aleh Sumarno menerima cenderamata dari Pembina Komunitas Belajar Sabalad Usep Ependi

 

Prosesi Tanda Tangan Bersama

Prosesi Tanda Tangan Bersama

IMG_8551

Acara berakhir pukul 12:00 WIB dan di tutup dengan penulisan testimoni serta apresiasi kepada para pahlawan Bangsa. Sebagai pamungkas peserta diajak menyanyikan lagu-lagu perjuangan dalam bahasa Sunda yang diiringi dengan lantunan kecapi oleh Kang Toton. #Heru I.

 

 

Heru Irawan
Follow me

Heru Irawan

Programer, Writer, Gamer, Traveler, and also an Entrepreneur 🙂
Heru Irawan
Follow me
Share

Sabalad Peringati Hari Pahlawan Nasional

Discussion

Leave a Reply