Seminar Kebudayaan

Usep Efendi, S.Pd, M.Pd sedang Memberikan Materi tentang Budaya khusunya di Kabupaten Pangandaran

Usep Efendi, S.Pd, M.Pd sedang Memberikan Materi tentang Budaya khusunya di Kabupaten Pangandaran

Parigi (17/12)Keheningan pecah oleh suara tatalu dari nayaga KRISDUPA (SMPN 2 PARIGI) bersamaan dengan dibukanya seminar kebudayaan yang difasilitasi oleh Komunitas Belajar Sabalad . Bertempat di aula SMPN 2 PARIGI acara dimulai pukul 13:30 WIB, satu persatu peserta yang terdiri dari perwakilan siswa dan siswi SMP dan SMA sederajat se-Kab.Pangandaran memasuki ruangan. Selain itu dihadiri pula oleh anggota Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Pangandaran.

Acara dibuka oleh ketua panitia Jaka Permana, dilanjutkan dengan pagelaran wayang golek yang dibawakan oleh dalang cilik Asep Indra, siswa SMPN 2 PARIGI. Ada pun yang menjadi narasumber acara ini adalah bapak Enju dari Citumang Cintaratu. Pak Enju adalah seorang budayawan dan juga berprofesi sebagai dalang dan pengrajin wayang golek. Sementara itu narasumber dari akademisi diisi oleh Usep Ependi (Kepala Sekolah SMPN 2 PARIGI) yang juga seorang pemerhati kebudayaan.

Setelah pagelaran wayang selesai dilanjutkan ke sesi dialog, semua peserta antusias mengikuti sesi ini. Selain itu ada juga sesi tanya jawab, dan disediakan pula oleh panitia yaitu door prize bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan.

Seminar Kebudayaan yang bertema “Membaca Kita dan Budaya Kita” ini merupakan bentuk perhatian kalangan muda terutama dalam menyebarkan virus kesadaran. “Aktivitas seperti ini memperkaya nilai kehidupan dan perlu dibiasakan oleh kalangan muda”, tutur Jaka Permana. “Sebagai tindak lanjut, peserta seminar bersepakat bertemu lagi di hari minggu setiap minggu pertama untuk melatih pemahaman diri terkait kebudayaan”. tambahnya

Share

Seminar Kebudayaan

Discussion

Leave a Reply