Temu lapangan Penderes Gula Kelapa Pangandaran

IMG_8939
Alam, menjadi tempat yang sempurna bagi keberlangsungan hidup manusia. Alam menyediakan tempat yang unik, iklim yang khas serta keanekaragaman hayati dimana manusia bisa turut serta melestarikan sekaligus memanfaatkannya. Ragam upaya pelestarian dan pemanfaatan dilakukan, salah satunya melalui Sekolah PenderesGula Kelapa.

Inilah Suasana Sekolah PenderesGula Kelapa di Kabupaten Pangandaran. Sejak tahun 2012, program sekolah melalui pendekatan pendidikan orang dewasa ini digelar di beberapa lokasi. Didukung oleh Yayasan Unilever Indonesia dan Yayasan FIELD Indonesia, tahun 2015 diselenggarakan kembali Sekolah Penderesdi tiga lokasi. Dusun Cikong Desa Sukaresik, Dusun Ciawi Desa Cintakarya dan Dusun Tarik Kolot Desa Pajaten.

Melalui sekolah Penderesini, penderes diajak membahas materi-materi seperti ekosistem, ekologi tanah, pupuk organik, morfologi tanaman, gula ideal, seleksi benih, analisa resiko, dipandu oleh sesama penderes. Upaya ini dilengkapi dengan pembentukan kelompok penderes semata untuk meningkatkan kemampuan penderes terutama dalam rangka menciptakan kehidupan yang adil dan berkelanjutan.

IMG_8891

Selain itu, dalam penyelenggaraan SP   ini peserta turut  serta dalam peningkatan produksi berbahan  kelapa seperti pelatihan membuat VCO dan gula Kristal.

Peserta diharapkan dapat turut serta memanfaatkan lingkungan serta aktif memelihara dan melestarikan alam dengan cara-cara yang ramah lingkungan.

Melalui Sekolah Lapangan, penderes belajar pada alam berguru pada pengalaman.

Share

Temu lapangan Penderes Gula Kelapa Pangandaran

Discussion

Leave a Reply