SMK Bakti Karya Parigi “School of Media”

Dewasa ini sekolah kerap menjadi tempat persinggahan para pemuda. Lepas dari tujuan mencari pengetahuan dan keterampilan, ada begitu banyak yang melihat sekolah hanya pembuat ijazah. Karena itu, kerap pendidikan di sekolah mengalami kemunduran dalam mengemban tugas : mencerdaskan kehidupan bangsa.

Komunitas Belajar Sabalad sering berdiskusi ihwal pendidikan di sekolah. Hingga pada akhirnya, beberapa bulan yang lalu, di komplek Saung Sabalad dibuka sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK)  Bakti Karya Parigi. Sekolah ini merupakan institusi pendidikan yang hamper bangkrut dengan kegagalan manajemen dan berbagai persoalan terkait legalitas.

Sejak berintegrasi dengan komunitas, SMK Bakti Karya Parigi perlahan menampakan bentuk kebaruan. Mulai dari legalitas yang semula “bodong” kini bernaung di bawah Yayasan Darma Bakti Karya Pangandaran yang dikelola oleh guru-guru muda (rata-rata usia di bawah 25 tahun). Yayasan memiliki akta notaris yang jelas, SK Menkumham, serta memenuhi persyaratan perpajakan.

Selain itu, Pada bulan Oktober SMK Bakti Karya Parigi mendapat Izin Operasional dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangandaran. Dengan begitu, SMK ini dapat mengajukan NPSN serta membuka jurusan yang mulai tahun ini focus pada Program Keahlian TIK Program Jurusan Multimedia.

Berbagai upaya ditempuh untuk memenuhi kelengkapan manajerial sekolah dan mendaftarkan pendidik dan tenaga kependidikan di Badan Kepegawaian Daerah.

Di Kabupaten Pangandaran, beberapa sekolah menerapkan jurusan serupa. Akan tetapi, SMK Bakti Karya Parigi menempatkan perhatian kualitas siswa dengan bekerjasama dengan sebuah Rumah Produksi.

Kali ini, siswa sekolah yang berlokasi di Cikubang Desa Cintakarya Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran ini tidaklah banyak. Akan tetapi dengan semangat yang baru, mulai Juli 2015 ini diprediksi siswa bertambah setidaknya dua kali lipat. Ukuran kualitas tetap yang utama, akan tetapi kuantitas memang perlu ditingkatkan. Tak lain karena untuk membangun daerah ini, membangun negeri ini, kita butuh lebih banyak generasi cerdas yang mampu menjawab berbagai tantangan.

Jl. Parigi-Selasari Dusun Cikubang Desa Cintakarya Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran

Jl. Parigi-Selasari Dusun Cikubang Desa Cintakarya Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran

Latest posts by sabalad (see all)

Share

SMK Bakti Karya Parigi “School of Media”

Discussion

Leave a Reply