Pegiat Komunitas Belajar Sabalad Mulai Merintis Usaha

Label Kripik Kojek Cikubang, yang di inisiasi oleh pegiat Komunitas Belajar Sabalad Pangandaran

Label Kripik Kojek Cikubang, yang di inisiasi oleh para pegiat Komunitas Belajar Sabalad Pangandaran

Berawal dari sekelompok pemuda yang berinisiatif membuat usaha mandiri dan sebagai ajang untuk menemukan   jati diri dan pola hidup maka munculah ide kreatif untuk membuat produksi kategori  usaha kecil menengah (UKM) yaitu Kripik Kojek.

Kata “kojek berasal dari nama salah satu pelaku usaha kripik ini yaitu Jaka Permana (Bang Jek). Jaka adalah seorang pemuda yang katanya ingin segera menikah namun ketiadaan biaya membuatnya menunda sementara niat baiknya tersebut. dia selalu berkata “hayang kawin” lalu teman-temannya menjawab “ko heula jek” atau “ko jek” maka munculah merk untuk menamai produksi kripik ini yaitu Kojek.

IMG_0487

Tidak hanya membuat nama produk saja, tetapi kripik ini menggunakan tagline yang menurut penulis cukup unik yaitu menggunakan kalimat “kami kerja keras karena faktor pernikahan”. alasannya karena selain faktor Bang Jek tadi, tagline ini juga menandakan bahwa para pelaku produksi ini adalah para pemuda yang masih punya semangat untuk berkarya dan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. untuk harga kripik ini sendiri menggunakan dua versi yaitu 3000 (200 gram) dan 4000 (isi 10 bungkus mini).

Produksi perdana hasilnya lumayan memuaskan. pasalnya bukan hanya untuk mencari keuntungan semata tetapi juga sebagai bagian dari proses belajar yang dihadapi cukup menyenangkan sehingga tantangan, hambatan, dan rintangan bisa di ketahui dan permasalahan tersebut  bisa diselesaikan. hal ini juga tidak lepas dari Visi Komunitas Belajar Sabalad yaitu untuk belajar sepanjang hayat, mencari ilmu selama-lamanya dan mencari kawan sebanyak-banyaknya.

Kedepannya semoga usaha ini bisa terus berkembang, dan bisa menjalin mitra dengan pihak-pihak lainnya agar kegiatan ini bisa terus berjalan dan berkelanjutan .

Share

Pegiat Komunitas Belajar Sabalad Mulai Merintis Usaha

Discussion

Leave a Reply