Benih Pangan(daran)

IMG_1447.JPG

Kebutuhan manusia tak akan pernah habis selagi peradaban masih terus berjalan. Sandang, pangan, dan papan merupakan 3 pilar yang tak bisa di pisahkan dari manusia itu sendiri. Berbagai macam cara dilakukan untuk memenuhi ketiga aspek tersebut.

salah satunya adalah pangan. Pangan merupakan salah satu sumber energi yang di butuhkan manusia. Dijaman modern ini kebutuhan pangan semakin meningkat itu di tandai dengan bertambahnya jumlah penduduk. Namun sangat di sayangkan kebutuhan pangan yang meningkat ini tidak di imbangi dengan lahan yang tersedia karena lahan seyogyanya di isi dengan biota tanaman kini sedikit demi sedikit beralih pungsi menjadi lahan perumahan.

Maka dari itu kita dituntut untuk bisa memenuhi kebutuhan pangan dengan lahan yang terbatas melalui proses kreatif.

Salah satunya ialah Komunitas Belajar Sabalad Pangandaran. Melalui gerakan menanam yang di inisiasi oleh petani muda, di pandu oleh sesama pegiat tani dengan alam sebagai guru.

Gerakan menanam ini dimulai dengan hal hal kecil dan jenis sayuran adalah salah satu hal menarik. kenapa? Karena ini selalu di butuhkan setiap hari saat jam makan dan tubuh pun sangat membutuhkan hal ini. iCabe rawit, Oyong, daun singkong, caya, bawang daun adalah beberapa jenis sayur yang di tanam di lingkungan Komunitas Belajar Sabalad.

Dengan menggunakan media tanam yang sederhana dan mudah di dapat di lingkungan sekitar. Dengan prinsip pertanian ekologis dan berkelanjutan semoga bisa menghasilkan pangan yang sehat dan mampu memberikan energi maksimal bagi tubuh tanpa menularkan resiko besar di masa mendatang.

Kedepannya, hal ini harus di tularkan pada generasi muda lainya supaya kita bersama membangun kesadaran lingkungan demi terciptanya kedaulatan pangan di negara kita tercinta Indonesia.
Hidup Pangandaran, Hidup Pangan Lokal.

Latest posts by sabalad (see all)

Share

Benih Pangan(daran)

Discussion

Leave a Reply