Panen Gading Putih

Parigi-20150815-02533.jpg

Pak Dayat (pegiat pertanian) sedang memanen padi gading putih di halaman saung Komunitas Belajar Sabalad

Sabtu, 15 Agustus 2015 terlihat aktifitas yang berbeda di halaman saung Komunitas Belajar Sabalad yakni kegiatan memanen padi. Padi yang di panen ini bernama Gading putih.
Jenis padi ini merupakan padi lokal yang berada di Pangandaran yang merupakan hasil persilangan Dari padi lokal yaitu bernama Kebo dan Longong (Bongong).

Gading putih ditanam di Halaman saung Sabalad yaitu dengan menggunakan media kolam plastik dengan ukuran 3×2 m kemudian kolam tersebut di timbun dengan tanah. Setelah itu tanah yang sudah ada di dalam kolam kemudian di isi oleh air lalu kemudian di aduk hingga homogen sampai menjadi lumpur.

Parigi-20150815-02535.jpg

beberapa pegiat komunitas sedang membantu proses panen padi gading putih di halaman saung Komunitas Belajar Sabalad

Penanaman gading butih ini dimulai pada tanggal 27 juli 2015. Dengan menggunakan SRI ( sistem rice intencification) yaitu sistem tanam satu dan juga tanam dangkal. Pupuk yang digunakan yaitu pupuk organik yang bisa di buat sendiri dengan bahan yang ada di sekitar lingkungan diantaranya menggunakan MOL (micro organisme local) atau dan pembusukan daun.

Karakteristik padi gading putih yaitu ketinggian batangnya bisa mencapai 90cm dan tiap batang mampu menghasilkan 300 bulir padi. dengan berat rata rata perseribu bulir yaitu 33 gram dan berasnya berwarna putih dengan rendemen 70%. Jenis padi ini juga tahan terhadap hama Blas. Namun kekurangannya yaitu tidak tahan terhadap kemarau panjang. Jadi, disarankan agar lahan yang di tanami padi dengan jenis Gading Putih harus tetap berair atau minimal kelembaban tanah terjaga.

Hasilnya padi yang di tanam di depan halaman Saung Sabalad menghasilkan gabah seberat 3,5 KG . Hasil ini sangat jauh dari perkiraan sebelumnya yaitu sekitar 9 KG gabah. Tetapi hasil ini karena beberapa faktor diantaranya karena faktor musim kemarau sehingga padi tidak maksimal untuk tumbuh dan berbuah.

Jerami hasil dari panen tersebut kemudian ditabur kembali di lahan yang sudah di panen sebagai pengganti pupuk demi terjaganya kesuburan tanah.

Latest posts by sabalad (see all)

Share

Panen Gading Putih

Discussion

Leave a Reply