Workshop Petani Muda Sabalad

IMG_4451

 

salah seorang Pemandu sedang menerangkan cara pembuatan MOL (micro Organisme Lokal) pada gelaran Workshop Petani Muda Di Komunitas Belajar Sabalad Pangandaran

salah seorang Pemandu sedang menerangkan cara pembuatan MOL (micro Organisme Lokal) pada gelaran Workshop Petani Muda Di Komunitas Belajar Sabalad Pangandaran

 

minggu 30 agustus 2015,ditengah gejolak krisis ekonomi dan krisis pangan komunitas belajar sabalad mengadakan acara yang bertujuan untuk membangkitkan semangat bertani dari kalangan pelajar dan para pemuda kabupaten pengandaran, agar mereka semua melek pertanian seperti tema dalam acara ini yaitu “pelajar melek pertanian”. sabalad mengundang pelajar dan para pemuda di wilayah pangandaran termasuk ke sekolah sekolah di tingkat slta agar merka semua bisa saling bertemu, berdiskusi, dan memecahkan masalah-maslah di bidang pertanian.
seperti yang dikatakan oleh suherli selaku ketua panitia workshop bahwa “workshop ini sangatlah penting dilakukan mengingat pemuda pemudi sekarang sudah tidak banyak yang ingin menjadi seorang petani karna menurut mereka petani itu tidak menjanjikan, selain worshop pertanian ini juga bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan yang semakin hari semakin rusak dengan menumbuhkan semangat bertani bagi para petani muda pangandaran”begitu tuturnya.
acara dimulai pada pukul 08.00, yang dibuka oleh Ai “boy” dengan perkenalan yang dikemas menjadi sebuah game perkenalan.workshop petani muda dimulai dengan materi dari ai “boy’ yang membahas mengenai masalah- masalah pertanian di indonesia dan dunia materi dikemas menarik dan tidak membuat jenuh, peserta begitu antusias mengikuti acara ini karna pertanian,mungkin untuk zaman sekarang mungkin sudah jadi barang asing bagi para pemuda dan pelajar.mereka lebih suka duduk manis dirumah menonton televisi atau terus memainkan gadget mereka. materi dilanjutkan oleh Irfan ilmi dengan judul materi yang cukup unik dan juga menggugah selera, judul materinya adalah sambel, materi ini masih berhubungan dengan pertanian. sebagian hasil pertanian ada pada sambel mulai dari cabe rawit, bawang, dll.materi ini berahir pada waktu istirahat.

IMG_4264
pecel menjadi menu konsumsi bagi para peserta. setelah istirahat dilanjutkan dengan materi tentang “MOL”(mikro organisme lokal), pupuk organik serta praktek cara membuat pupung organik cair dengan bahan-bahan disekitar kita seperti pelepah pisang, rumput-rumput, bekas air cucian beras.serta pengujian kadar bakteri yang terkandung pada pupuk organik yang telah jadi. di penghujung acara workshop peserta diberkan benih sorgum untuk ditanam di rumah mereka masing- masing dengan syarat juga harung membuat laporan mengenai pertumbuhan tanaman tersebut.

(Jujun Junaedi)

Share

Workshop Petani Muda Sabalad

Discussion

Leave a Reply