SL Penderes DI Gelar Perdana DI Desa Ciliang

 

salah  Seorang pemandu Sedang memberikan permainan dalam Materi Dinamika Kelompok Pada Gelaran Sekolah Lapangan Penderes Gula Kelapa Di desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabpuaten Pangandaran

Salah seorang pemandu Sedang memberikan permainan dalam Materi Dinamika Kelompok Pada Gelaran Sekolah Lapangan Penderes Gula Kelapa Di desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabpuaten Pangandaran

Setelah sukses menyelenggarakan Sekolah Lapangan penderes gula kelapa sebelumnya kini Sekolah Lapangan Penderes gula kelapa kali ini kembali digelar. Kali ini SL digelar di Dusun Nagrog, Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

SL yang digelar pada tanggal 10 September 2015 ini digelar perdana dan dibuka secara resmi oleh Pejabat pemerintahan tingkat Desa yaitu Kepala Desa Ciliang. Kepesertaan terdiri dari para penderes gula kelapa yang mengikuti kegiatan setelah sebelumnya dilakukan pendataan.

Pemandu SL merupakan pegiat pertanian ekologis, alumni SL sebelumnya, dan juga Komunitas Belajar Sabalad sebagai fasilitator kegiatan.

IMG-20150910-02794.jpg

salah seorang pemandu sedang memerikan wawasan tentang sirkulasi pemasaran gula kelapa Pada gelaran SL Penderes Gula kelapa

Kegiatan diawali dengan perkenalan pemandu kepada peserta, untuk lebih mencairkan suasana maka para pemandu mengajak peserta SL untuk mengikuti sebuah permainan dengan tujuan untuk lebih mengakrabkan para peserta dengan pemandu. Kemudian merefleksi tentang apa yang terjadi dan memunculkan solusi dari permainan tadi.

Usai permainan, dilanjutkan ke diskusi mengenai kontrak belajar peserta. Kontrak belajar yang dimaksud adalah membuat kesepakatan bersama mengenai waktu, tempat, serta teknis untuk pertemuan lanjutan berikutnya.

Untuk lebih meningkatkan kenyamanan dalam proses pembelajaran maka para peserta difasilitasi alat tulis dan penunjang kegiatan belajar lainnya.

Menjelang akhir acara, pemandu memberikan pengantar materi tentang ekologis tanah dan cara pembuatan pupuk organik. Dan terakhir para peserta dibagi menjadi 3 kelompok kecil dan diberi tugas untuk mengamati dua pohon kelapa. Satu dengan perlakukan biasa dan satunya lagi dengan perlakuan khusus. Dan di setiap pertemuan lanjutan para peserta harus melaporkan hasil pengamatannya. Untuk memudahkan pengamatan peserta diberi form pengamatan.

Kami sangat antusias dengan kegiatan ini dan kedepannya mudah-mudahan ilmu yang di dapat dari sekolah lapangan ini bisa saya terapkan. “Ujar salah satu peserta”.

 

Share

SL Penderes DI Gelar Perdana DI Desa Ciliang

Discussion

Leave a Reply