Sekolah Lapangan Penderes Gula Kelapa Di Legokjawa

Rabu, 11 November 2015 di gelar sekolah lapangan petani penderes gula kelapa yang bertempat di Dusun Liunggunung, Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.

Dihadiri oleh sekitar 20 orang peserta dan 4 orang pemandu lokal. Sebelum materi dimulai terlebih dahulu para peserta melaporkan hasil pengamatan mingguan yakni pohon kelapa dengan perlakuan biasa dan yang perlakuan khusus. Hal ini dimaksudkan agar peserta memahami cara atau perlakuan yang baik terhadap pohon kelapa yang setiap hari mereka panjat.

Materi kali ini adalah membahas tentang analisa usaha penderes gula kelapa. Peserta diajak untuk berdiskusi dan berdialog serta menghitung jumlah kebutuhan beserta alat yang digunakan setiap hari dalam menyadap pohon kelapa. Setelah merinci dan menghitung semua kebutuhan penderes maka selanjutnya adalah bagaimana cara meminimalisir pengeluaran. Karena ekonomi tidak hanya menghasilkan uang tapi bagaimana cara kita mencegah uang keluar sekecil apapun.

Setelah materi selesai dilanjutkan pada perencanaan temu lapangan sesama penderes, dan rencananya field day akan dilaksanakan di Legokjawa.

Untuk pertemuan kali ini hanya meninjau lokasi pertemuan dan selanjutnya temu lapangan akan dimusyawarahkan kembali di Saung Komunitas Belajar Sabalad.

Share

Sekolah Lapangan Penderes Gula Kelapa Di Legokjawa

Discussion

Leave a Reply