Dari Malang Untuk Pangandaran

Jauh di timur pulau Jawa tepatnya Malang, Provinsi Jawa Timur terdapat sebuah pegiat lingkungan yang focus terhadap konservasi hutan mangrove. Selain itu juga hutan mangrove yang berada di wilayah tersebut di jadikan salah satu tempat pariwisata yang menarik.

Adalah Mas Saptoyo dan Mbak Lia kerap panggilannya yang menjadi pegiat di wilayah tersebut. Mereka memperjuangkannya selama bertahun tahun demi terciptanya lingkungan asri dan nyaman.

Disela-sela kesibukannya mereka menyempatkan diri untuk berkunjung ke Komunitas Belajar Sabalad pada hari Jumat, 11 Maret 2016 untuk sharing dan berbagi pengalaman seputar lingkungan hidup.

Sebelum mereka telah meninjau lokasi konservasi hutan mangrove yang berada di wilayah Nusawiru Kecamatan Cijulang.

Salah satu hal unik yang terapkan dalam di wisata mangrove yang dikelola oleh Mas Saptoyo dan mbak Lia ini adalah tidak ada tempat penampungan sampah di dalam wilayah wisata.

Setiap pengunjung akan di cek barang apa saja yang dibawa yang berpotensi menimbulkan sampah, baik itu air minum kemasan, makanan dan lainnya.

Wisatawan harus membawa kembali barang yang sudah menjadi sampah, dan akan di buang di luar wilayah wisata tersebut.

Dari upaya tersebut, Mas Saptoyo mendapat anugrah dari kementrian Kelautan sebagai pegiat lingkungan hidup.

Semoga menjadi inspirasi bagi kita semua bahwa kelestarian lingkungan hanya kita bisa yang bisa menjaga, dan tidak membuang sampah sembarangan adalah salah satu langkah untuk mejaga lingkungan agar tetap bersih dan asri.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Latest posts by sabalad (see all)

Share

Dari Malang Untuk Pangandaran

Discussion

Leave a Reply